Jumat, 24 April 2015

Arsitektur Ramah Lingkungan

Prinsip Go Green pada zaman sekarang ini telah banyak diwujudkan dalam kegiatan-kegiatan tertentu yang dilakukan oleh berbagai masyarakat dunia. Namun, sebenarnya prinsip Go Green tidak hanya diterapkan melalui kegiatan-kegiatan tertentu tetapi juga bisa diterapkan dalam bidang arsitektur. Banyak negara-negara di seluruh dunia kini telah merencanakan konsep-konsep bangunan yang ramah lingkungan dan sesuai dengan prinsip Go Green. Berikut ini adalah 6 konsep arsitektur yang mulai direncanakan untuk dibangun di masa depan:
1. Vertical theme park of the future

11-300x244
Taman bermain yang dibangun vertikal

Konsep taman gedung pencakar langit masa depan ini berbasis di New York, dan dibuat oleh arsitek Ju-Hyun Kim. Mengadopsi dari Disneyland, konsep ini mencoba menciptakan dunia yang berbeda namun berbasis pada suasana kota sebagaimana mestinya. Dimana dari konsep ini diharapkan akan menjadi sebuah taman tanpa mobil, bangunan berkelanjutan yang memanfaatkan energi surya dan hijau, mendaur ulang limbah, serta dapat menampung air hujan.
2. Weave Housing

21-300x199
bangunan berkonsep weave housing


Ini adalah sebuah konsep tempat tinggal prefabrikasi modular, pada bangunan bertingkat yang terbuat dari beton ringan. Meskipun semua ruang apartemen tampak sempit dan panjang, tapi beberapa di antaranya terdiri dari beberapa unit yang memungkinkan untuk pengembangan lantai yang lebih menarik dan ruang tambahan.
3. Twisting Acupuncture Tower for Taiwan

31-300x283
bangunan berdesain spiral

Konsep bangunan dengan desain spiral ini diselimuti oleh membran alga dan sanggup memproduksi biofuel. Aristektur ini dikhususkan bagi Taiwan’s Kaohsiung port city, di mana nantinya dapat dimanfaatkan juga sebagai sarana desilinasi, penyerapan sinar matahari sebagai sumber energi dan daur ulang limbah.
4. Vertical City for Venezuela Slums

41-300x228
konsep bangunan vertikal di venezuela

 Ini merupakan konsep menara yang mampu mengasilkan sumber energi angin, di mana terdapat turbin mikro yang disisipkan. Menara ini terdiri dari 3 oval yang saling tumpang tindih, masing-masingnya akan ditempatkan oleh kelompok pengguna yang berbeda, yaitu mulai dari ritel, hotel, apartemen, hingga perkantoran. 
5. Spiral Tower: Suburban Living in Berlin

51
konsep perumahan go green di Berlin

Konsep perumahan ini berada pada gedung menara bertingkat dengan prinsip lingkungan hidup yang berkelanjutan. Pola saling silang antar ruang akan memungkinkan memberi jarak yang cukup untuk teras taman di setiap ruang apartemen. Bangunan ini juga mampu mengahasilkan sumber energi terbarukan, dengan adanya perangakat panel surya, turbin angin, dan beberapa penampung air hujan.
6. Reflections Development in Singapore

61-278x300
konsep bangunan di Singapore

6 menara dihubungkan oleh jembatan langit yang di dalamnya menyediakan kantong-kantong ruang terbuka ini memberi pemandangan spektakuler di sekitarnya. Reflections Development in Singapore menampung 1.129 unit hunian, bangunan ini juga telah memperoleh Singapore’s Green Mark Gold Award, untuk kemampuannya dalam hal penghematan energi dalam skala besar.

0 komentar:

Posting Komentar