Jumat, 08 Mei 2015

Eliel Saarinen

Eliel Saarinen arsitek


Eliel Saarinen (1873-1950), seorang arsitek Finlandia mapan dan desainer yang menetap di Amerika Serikat pada tahun 1922, adalah nenek moyang dari modernisme Amerika dibangun pada interaksi antara seni, arsitektur, alam dan ilmu pengetahuan. Saarinen memiliki kemampuan unik untuk bekerja seolah-olah dia sedang menyesuaikan desain agar sesuai budaya. Dia bisa memanipulasi bakat tangguh dan filosofi yang luas untuk menciptakan ruang yang dikombinasikan tradisi dan inovasi dengan cara yang tampaknya tak terkira tepat untuk kali. Program pascasarjana perintis di Cranbrook Academy of Art di Bloomfield Hills, Michigan memungkinkan dia untuk memiliki dampak luas pada generasi yang muncul dari desainer. Sekolah menarik, antara lain, Charles dan Ray Eames, Harry Bertoia, Florence Schust (Knoll) dan anak Saarinen sendiri Eero, semuanya memiliki tangan dalam membentuk cakrawala pascaperang dan interiorsin negara ini.
Saarinen belajar melukis dan arsitektur di Universitas Helsinki dan mendirikan praktek arsitektur di tahun terakhir sekolah dengan teman sekelas Herman Gesellius dan Armas Lindgren. Mereka menciptakan paviliun Finlandia untuk tahun 1900 Pameran Dunia di Paris dan, bekerja dalam gaya romantis nasional Skandinavia, Museum Nasional Finlandia di Helsinki. Mereka juga dirancang Saarinen rumah sendiri di dekat Helsinki, sekitar tahun 1901, dan stasiun kereta api Helsinki, sekitar 1906. Untuk masing-masing komisi tersebut Saarinen juga akan merancang furnitur dan kadang-kadang bahkan karpet. Beberapa potongan yang paling terkenal dari periode ini adalah "Hannes" kursi dari 1908 dengan mahoni tatahan dekoratif, dan 1910 "White" kursi. Pada tahun 1922 Saarinen menerima rejeki nomplok kecil uang untuk masuk pemenang hadiah kedua untuk kontes untuk merancang Chicago Tribune Tower dan ia pindah ke Amerika bersama istrinya Loja, atextile desainer dan adik pasangannya Gesellius, dan Eero.
Dengan 1926 Saarinens dipasang di Cranbrook, merancang bangunan, furniture, tekstil dan bahkan perak untuk subdivisi muncul dari sekolah. Saarinen mulai memamerkan karyanya secara nasional, menunjukkan ruang makan ditetapkan pada 1929 Pameran Arsitektur & Industrial Art di Metropolitan Museum of Art dan "Room untuk Lady" yang dirancang dengan Loja untuk 1934 acara. Seluruh keluarga dipamerkan pekerjaan di Detroit Institute of Arts pada tahun 1932. Dari pertengahan tahun 1930-an pada dia juga menjalankan praktek arsitektur yang independen dengan Eero, terbaik-knowncollaboration mereka menjadi General Motors Technical Center di Michigan sekitar 1.950.
Program pascasarjana di Cranbrook diperkenalkan pada tahun 1928. Siswa dan rekan bekerja bersama-sama pada proyek-proyek mendalami ide-ide dari gerakan Seni dan Kerajinan, menyentuh dengan kecenderungan dekoratif Art Deco, dan melalui semua yang gaya modern muncul. Saarinen mengajarkan pentingnya mendekati pekerjaan dengan ide dalam pikiran bahwa, "jika bentuk yang ada, hal ini kurang penting jika kita menggunakan tangan manusia atau mesin. Keduanya diperlukan." Dia dirancang furnitur untuk studio dan Loja ini seperti "Blue Series" dari kursi dipernis, sofa dan meja dan, untuk ruang makan, sederhana, tinggi didukung "Side Chair," baik dari 1929. karir aktif Nya didorong oleh keyakinan energik itu, "selama manusia dipaksa untuk menemukan caranya sendiri, pikirannya pasti temu."

Source : http://translate.google.co.id/translate?hl=id&sl=en&u=http://www.r-and-company.com/biography_detail.cfm%3Fdesigner_id%3D99&prev=search 

0 komentar:

Poskan Komentar